Home Agenda Diklat Guru Baru Hidayatullah Jawa Tengah

Diklat Guru Baru Hidayatullah Jawa Tengah

120
0

HidayatullahJateng.ID – Depdikdasmen Jawa Tengah, selama 4 hari ini, yakni dari hari Rabu sampai Sabtu, 28-31 Juli 2021 menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Guru Baru Jaringan Pendidikan Integral Hidayatullah Jawa Tengah.  Diklat ini dilaksanakan secara online dan diikuti oleh 53 peserta dari seluruh Jawa Tengah.

Diklat online guru baru Hidayatullah Jawa tengah ini merupakan media untuk membekali guru baru secara dini dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dengan penuh komitmen, berkualitas dan Amanah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Suja’i, Panitia kegiatan ini. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan agar seluruh peserta bisa mengikuti dengan tertib kegiatan diklat online sesuai ketentuan dan SOP yang ada sehingga bisa maksimal dalam mendapatkan bekal untuk mendukung tugasnya sebagai pendidik di lapangan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Usman Wakimin, M.Pd., ketua Depdikdasmen Hidayatullah Jawa Tengah. Beliau menyampaikan dalam sambutanya, Harapan kepada seluruh peserta bisa mengikuti diklat online secara penuh, dari awal hingga akhir sehingga bisa tercapai target diklat online di antaranya : Memahami visi dan misi Hidayatullah, Memahami Jati diri lembaga Hidayatullah, Memahami konsep PIBT, Memahami kode etik guru Hidayatullah, Memahami dasar ketrampilan mengajar, Memahami strategi komunikasi efektif, Memahami metode al hidayah, Mengenal sako Hidayatullah, Memahami kesehatan mental guru, Kiat hidup sehat bagi guru.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua DPW Hidayatullah Jawa tengah, Akhmad Ali Subur, SE.  Dalam sambutanya beliau menyampaikan Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kadep.Pendidikan DPW Hidayatullah Jateng, Semua Kepala Sekolah Se Jateng, Tim Depdik Wilayah  serta seluruh peserta yang tetap produktif meskipun dalam masa pandemi ini. Lebih lanjut belaiu mengucapkan Selamat datang kepada para pejuang peradaban, bukan guru sembarang guru, tapi guru pejuang dan pejuang yang guru, memiliki tanggung jawab mencerahkan generasi dan kader pembawa estafeta perjuangan dienullah di masa depan. Pesan beliau untuk semua peserta bahwa untuk menjadi sang pencerah, nanti akan diperdalam dengan pemahaman terkait dengan profil kelembagaan (dari visi, jati diri, organisasi, hingga manhaj) dan terkait dengan profil guru hidayatullah.

Kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya baik di tingkat lokal maupun nasional, di antaranya sebagai berikut :

  1. Ustad Sholih Hasyim, S.Sos.I      materi Ta’aruf Manhaj Hidayatullah
  2. Ustad Adi Purwanto, M.Pd.          materi Konsep PIBT & Media Pembelajaran Online
  3. Ustad Usman Wakimin, M.Pd.     materi Profil Guru
  4. Dr. Subhan Afifi                         materi Komunikasi Efektif
  5. Ustad Abdul Aziz, M.M.               materi Kemampuan Dasar Mengajar
  6. Dr. Irwan Nuriyana, M.Si.           materi Kesehatan Mental Guru
  7. dr. Nurlaili Muzayyanah, Sp.A.    materi Kiat Hidup Sehat bagi Guru
  8. Ustad Agus Prayitno                   materi Tahap Perkembangan Anak
  9. Ustad Hasanudin Umar, M.Si.      materi Adabul Mualim
  10. Ustad Imam Suja’i, S.Pt.           materi Metode Al Hidayah
  11. Ustad Roby Muhtadi, S.Pd.I       materi Sako Hidayatullah

*) IS

Previous articleQurban Tanpa Batas BMH Bahagiakan 21.597 Jiwa di Tengah Pandemi
Next articleRakerda Mushida Banjarnegara