Home Artikel Membangun Mutu Pendidikan Hidayatullah Jawa Tengah

Membangun Mutu Pendidikan Hidayatullah Jawa Tengah

155
0

*) Nanang Noerpatria, M.Pd

Alhamdulillah, Rasa syukur karena Allah memberikan kesempatan kepada hadirin dalam amanah pendidikan baik amanah yang didapatkan tersebut karena diminta atau tidak diminta. Guru adalah hal yang menarik, sebagai sekolah pertama maka ilmu keguruan menjadi mutlak untuk dikuasai dan ditingkatkan. Dengan kompetensi tersebut memposisikan diri dan diposisikan dalam peran melahirkan/investasi berupa anak-anak sholeh yang terasa nikmat dan perlu dinikmati.

Budaya mutu menjadi ruh dalam sebuah organisasi. Karena di dalamnya terdapat visi, misi organisasi yang menjadi kekuatan penting dalam mempertahankan diri, survive dan berkompetisi. Dikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah dalam mengawal visi dan misi organisasi perlu dikuatkan tidak hanya dalam tulisan-tulisan saja, tapi perlu dipersegar, diinternalisasi dalam berbagai momen organisasi terutama dalam merealisasikan singkronisasi visi dan misi melalui realisasi program kepada seluruh komponen terkait baik Guru, Karyawan, Murid dan Wali Murid.

Penerapan visi misi tersebut dalam penguatan jati diri perlu dengan ilmu dan dilakukan secara bertahap. Pengembangan budaya mutu dengan internalisasi dan proses transformasi akan menemui sebuah tantangan, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, jika ada indikasi resistensi budaya mutu yang unggul, maka diperlukan yang namanya komunikasi untuk mengkonfirmasi dan memastikan adanya kesiapan komitmen dalam membangun budaya mutu bersama tersebut. Sebelum melakukan ekspansi secara eksternal maka perlu terlebih dahulu expansi internal berupa perbaikan mutu baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (Hardware)nya

Dalam manjemen ekspansi sekolah, perlu dilakukan secara bertahap. Pengembangan mutu dalam pengelolaan lembaga pendidkian melalui tahapan berupa perintisan, pertumbuhan/perkembangan, dan ekspansi. Masing-masing tahapan tersebut memiliki ciri khas/ karakter tersendiri dan berbeda-beda. Maka realisasi visi dan misi pada masing-masing level perkembangan tidaklah sama. Pertumbuhan kelembagaan melalui siklus dan masa tertentu. Secara standard, siklus masa lahir menuju bertumbuh melalui siklus 5 tahunan, masa bertumbuh menuju ke expansi. Semoga lembaga-lembaga pendidikan di Hidayatullah Jawa Tengah ini mampu tumbuh dan berkembang dengan mutu-mutu terbaik.

*) disampaikan dalam Rakorwil Depdiktren & upgrading pengelola sekolah di batang Jawa Tengah, 17 februari 2023, diikuti 125 peserta dari unsur kepala & pengelola sekolah se Jawa Tengah