Home Agenda Terus Bergerak, Tingkatkan Kapasitas & Kompetensi Sekretaris & Bendahara Jateng

Terus Bergerak, Tingkatkan Kapasitas & Kompetensi Sekretaris & Bendahara Jateng

190
0

Semarang – Pagi ini, seluruh kader inti organisasi dan amal usaha Hidayatullah Jawa Tengah berkumpul, tidak seperti biasanya yang kental dengan aroma kajian keislaman, pembinaan kader, maupun pembahasan kondisi-kondisi aktual. Kali ini mereka semua berkumpul untuk belajar, menambah wawasan, meningkatkan kapasitas dan kompetensi di bidang kesekretariatan dan kebendaharaan.

Hadir dalam kesempatan ini Ustad Iwan Ruswanda (Wakil Sekretaris II DPP Hidayatullah) bersama dengan Ustadz Marwan Mujahidin (Bendahara Umum DPP Hidayatullah). Masing-masing memberikan materi penguatan wawasan dan skill di bidang kesekretariatan dan kebendaharaan

Dalam acara ini Ustad Iwan menjelaskan panjang lebar tentang tupoksi sekretaris dan panduan administrasi kantor. Salah satu yang menarik, materi yang disampaikan oleh beliau bahwa sejatinya sekretaris itu memiliki tugas untuk “meng-ARSIP-kan” segala informasi. A (Amankan informasi yang terekam), R (Rahasiakan informasi yang penting), S (Simpan informasi sesuai aturan), I (Informasikan sesuai kebutuhan), P (Pusat ingatan organisasi).

Di sesi selanjutnya, Ustadz Marwan juga menerangkan tentang tupoksi serta urgensi bendahara. Beliau juga memberikan penekanan terkait tugas bendahara, bahwa pertanggungjawaban tugas ini bukan hanya kepada atasan/pimpinan namun lebih dari itu tugas ini harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. karena yang dikelola ini adalah dana umat. Setiap uang/dana yang dikelola harus dikelola dengan teliti, dihitung secara rinci, dilaporkan sesuai waktu yang disepakati.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini (20-21 Agustus 2022) diselenggarakan di Balai Pelatihan Transmigrasi Pudak Payung Banyumanik Semarang dan diikuti oleh para pengurus inti DPD & Yayasan Hidayatullah se-Jawa Tengah. /EE.