Home Berita Ngopi Muria bersama Noerpatria

Ngopi Muria bersama Noerpatria

79
0

Depdikdasmen DPP Hidayatullah Ngopi Muria di Jawa Tengah

Kudus – Kegiatan unik dan menarik telah digelar oleh Depdikdasmen DPP Hidayatullah di lereng kaki gunung Muria Jawa Tengah.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 33 peserta dari unsur DPW, Dikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah, Ketua-ketua Yayasan,Kepala sekolah dari SD sampai dengan SMA PIBT (Pendidikan Integral Berbasis Tauhid) Hidayatullah Jawa Tengah, tim penyusun buku Adab dan PW Mushida beserta Kabag Pendidikan PW Mushida.

Kegiatan unik dan menarik tersebut dinamakan “NGOPI MURIA” (Ngobrol Pendidikan Penuh Inspirasi bersama Menteri Muda dan Ceria). Ngopi Muria adalah sebagai lanjutan dua sesi sebelumnya dalam rangkaian FGD (Focus Discussion Group) yang digelar di Hotel Graha Muria pada 22 – 23 September 2023.

Kegiatan tersebut membahas hal-hal mendasar dari memahami filosofis pendidikan dan permasalahannya, dengan mengurai dan menyusun konsep solusinya dalam Buku Konsep Pendidikan Integral Hidayatullah.

Ngopi muria sebagai pengkondisian suasana yang inovatif, kreatif, nyaman dan aman yang didesain sebagai pencairan suasana menjadi suasana ilmiah dan alamiah secara nyaman.

Dalam dua sesi sebelumnya di FGD telah disampaikan oleh Dr. Nanang Noerpatria, MP.d bahwa banyak dijumpai di PIBT sesuatu yang tidak logis. Ada kesan tanpa perencanaan. Buktinya banyak Goal yg baru dipikirkan, baru direncakan, banyak yg muncul di luar atau melebihi target rencana yang seharusnya. Hal tersebut pada dasarnya merupakan Pertolongan Allah, sehingga Hidayatullah lebih cepat daripada mimpinya.

Lebih lanjut dalam kegiatan Ngopi Muria tersebut Nanang Noerpatria menyampaiakan bahwa pada intinya PIBT meliputi ada 3 poin utama, yaitu: 1. Mengharapkan Rahmat Allah; 2. Senantiasa melibatkan Allah; 3. Ilmu semua datangnya dari Allah.

Cinta Allah dan kasih sayang Allah memberikan kesan diluar logika. Banyak hal-hal yang direncanakan mendapatkan pertolongan dan bantu oleh Allah. Pertolongan berupa jalan keluar yang tidak diduga-duga. Banyak ayat-ayat yang mengarahkan kita akan adanya pertolongan Allah bagi orang-orang yang bersabar, bagi yang punya kesadaran Iman dengan fungsi dan peranya.

Dalam pendidikan yang kita kelola dan cita-citakan masih banyak yang belum bahkan tidak ahli, tidak ada yang pakar namun pertolongan Allah banyak kita dapatkan dalam implementasi paradigma Tauhid dalam pendidikan.

Dalam rangka menyusun idealisme dalam tataran konsep dan operasional, Tim Depdikdasmen DPP Hidayatullah memerlukan kontribusi dari peserta yang hadir dengan kapasitas masing-masing peserta. Kesempatan masing-masing peserta menyampaikan pemikiran dan pemahaman sesuai kapasitasnya. 

Menurut Nanang Noerpatria banyak kepala, banyak ide-ide yang diluar dugaan yang ikut berkontribusi, yang bersifat perbaikan, merombak dan merubah konsep yang sudah disusun menjadi idealisme yang sempurna dan lebih spesifik dan sistematik. */ImamSuja’i