Home Agenda Rakorwil Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan DPW Hidayatullah Jawa Tengah

Rakorwil Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan DPW Hidayatullah Jawa Tengah

124
0

Batang, 16-17 Februari  2023. Dalam mempersiapkan  personalia dalam mengemban amanah pendidikan yang semakin menantang maka Depdikdasmen Hidayatullah Jawa Tengah melakukan konsolidasi bersama 79 peserta dari unsur Tim Depdikdasmentren, Kepala Sekolah dan pengelola-pengelola Sekolah Hidayatullah se-Jawa Tengah. Langkah konsolidasi tersebut sebagai langkah awal dalam mengembangkan wawasan keilmuan pengelola pendidikan, di mana fokus Tema masih seperti tahun sebelumnya yaitu Standardisasi dan ekspansi. Secara riil masih nampak hal yang kelihatan sepele namun belum terstandard baik, di antaranya dalam hal administrasi, seragam, dan buku diniyah.

Usman Wakimin, M.Pd selaku Ka. Dept. Dikdasmentren DPW Hidayatullah Jawa Tengah dalam sambutanya pada kegiatan Rakorwil Pendidikan dan kepesantrenan memberikan arahan dan menegaskan bahwa kegiatan Rakorwil ini dilakukan dalam Rangka peningkatan spiritual (Ruhiyah), peningkatan ilmu dan Wawasan pendidikan di lingkup sistem dan pelaku-pelaku pendidikan di DPW Hidayatullah Jawa Tengah.

Untuk mencapai tujuan tersebut Usman Wakimin menempuh langkah dan aksi nyata secara masif dengan menghadirkaan pakar-pakar di dalam dunia pendidikan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal melibatkan Anggota DMW Ust. Achmad Suwarno, M.Pi yang memiliki peran dan fungsi strategis untuk menanamkan manhaj secara kuat kepada pemangku pendidikan di Hidayatullah Jawa Tengah. Selain itu juga melibatkan tim pendidikan dari divisi SDI (Ust. Saryo, M.Pd., Ali Mustakim, S.Pd.I), GPH (gerakan Pandu Hidayatullah) dan Kepengasuhan (Ust. Robby Muhtadi, S.Sos.I), Diniyah dan  Kepesantrenan (Ust Agus Prayitno, Al Hafidz), Kelembagaan (Ust. Abdul Aziz, M.M), dan Alqur’an (Ust. Imam Suja’i) yang memiliki peran untuk mengeksekusi program-program strategis dalam masa 1 tahun ke depan.

Acara ini dibuka langsung oleh Ali Subur, S.E. selaku Ketua DPW Hidayatullah Jawa Tengah. Dalam sambutanya, beliau memberikan penguatan dan dukungan, serta memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap apa-apa yang sudah banyak dilakukan dan dikerjakan oleh Depdikdasmentren bersama timnya yang sudah jauh melangkah dengan berlari lebih cepat dibanding dengan departemen-departemen lainya, di mana hal itu terbukti banyak program yang sudah dilaksanakan dan satu-satunya departemen yang sudah melaksanakan Rakorwil di periode ini.

Lebih lanjut beliau juga sangat bersyukur melihat perkembangan pendidikan kita sebagai satu-satunya harapan untuk merealisasikan peradaban Islam. “Alhamdulillah di Hidayatullah setiap gerak dan nafas kita, kita iringi dengan kekuatan ruhiyah. Pencapaian kuantitif yang signifikan jangan sampai terjadi penurunan ruhiyah. Definisi peradaban tidak identik dengan pencapaian fisik/material, tapi peradaban merupakan sistem tata nilai. Jika semata-mata capaian fisik maka zaman Nabi paling terbelakang. Semoga pencapaian fisik yang diiringi dengan peningkatan ruhiyah bisa menjadikan stabiitas Hidayatullah sebagai pelaku peradaban”.

Untuk mendukung program Standardisasi dan ekspansi PIBT (Pendidikan Integral Berbasis Tauhid Hidayatullah), dalam acara ini dihadirkan Kadept. Dikdasmen DPP Hidayatullah (Dr. Nanang Noerpatria, M.Pd) dengan fokus pengembangan sekolah berbasis mutu bersama Divisi Infokom Depdikdasmen DPP Hidayatullah (Ust. Wawan Abdul Hamid, M.Pd) dengan penguatan ekspansi pendidikan

Acara ini juga menghadirkan praktisi pendidikan dari unsur kepemerintahan yaitu dari Dinas Kabupaten Batang yang dihadiri oleh Bapak. Yulianto, S.P (Kabid. Pembinaan SD Disidikbud Kab. Batang) guna penguatan wawasaan dan regulasi-regulasi dalam kebijakan di dunia pendidikan dalam kepemerintahan, selain itu untuk membangun sinergis dengan lembaga lain juga menghadirkan unsur managemen Ponpes Modern Tazakka Alam Mahardika (Kepala Dept Kehumasan PM tazakka Batang) bersama 3 personalia dan melakukan sharing dalam kelembagaan, sistem pengajaran, pendanaan, pengembangan SDM dan pembangunan Networking. */ Imam Suja’i