Home Agenda Senior Master Teacher 2024 Depdikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah

Senior Master Teacher 2024 Depdikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah

153
0

Semarang (Hidayatullahjateng.ID) – Depdikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah berupaya meningkatkan kinerja guru senior dengan Istiqomah melakukan kegiatan Tahunan berupa Senior Master Teacher.

Kegiatan Senior Master Teacher yang kedua kalinya ini dilakukan di Gedung Dakwah Hidayatullah Jawa Tengah, Jl. Wonodri Baru No.41 Semarang pada Sabtu-Ahad (5-6 Juli 2024). Hari pertama hanya dikhususkan bagi Kepala Sekolah Pendidikan Integral Berbasis Tauhid Hidayatullah Jawa Tengah sebanyak 17 peserta dari jenjang SD-SMP-SMA/sederajat. Hari kedua kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta dari unsur Kepala Sekolah, atau Guru Senior, atau Guru sertifikasi atau guru profesional atau guru yang sudah mededikasikan dirinya dengan Istiqomah lebih dari 13 tahun di lembaga Pendidikan Integral Berbasis Tauhid Hidayatullah Jawa Tengah dari jenjang SD, SMP, SMA/sederajat.

Alumni Pendidikan Integral Berbasis Tauhid di Jawa Tengah ada yang sudah mulai memasuki dunia kerja dan ikut andil memberi warna dalam berbagai aspek kehidupan atau disiplin Ilmu termasuk dalam aspek pendidikan. Generasi saat ini yang mulai masuk dunia kerja didominasi oleh Gen Z, termasuk alumni Pendidikan Integral Berbasis Tauhid yang dirintis pada tahun 2000-an alumninya sudah ada yang bergabung dalam barisan perjuangan pendidikan Hidayatullah di Jawa Tengah.

Orientasi dan visi idiologis generasi pelanjut di dunia kerja saat ini memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya atau seniornya. termasuk di lembaga pendidikan Integral Berbasis Tauhid Hidayatullah Jawa Tengah saat ini, di mana antara senior dan junior memiliki karakteristik dan kompetensi yang jauh berbeda. Salah satu perbedaan kompetensi yang mencolok antara senior dengan junior adalah dalam penguasan IT. Hal tersebut akan mempengaruhi pola, konsep yang berpengaruh dalam produktivitas kinerja. Maka dari itu perlu dijaga keharmonisan, dan kesinambungannya dengan membangun pola komunikasi yang efektif dan efisien dengan memperhatikan perbedaan karakter, kompetensi dari senior dan junior. Sehingga dapat menjamin produktivitas kinerja dan keberlangsungan Pendidikan Integral Berbasis Tauhid di Hidayatullah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman dengan visi dan misi yang sama.

Usman Wakimin, M.Pd selaku Ketua Depdikdasmentren Hidayatullah Jawa Tengah menyampaikan arahan kepada seluruh peserta senior Master Teacher bahwa dihadirkannya mereka Guru-guru senior secara khusus pada agenda tahunan ini diharapkan tidak dipersepsikan sebagai hukuman dari Depdikdasmentren Wilayah. Namun kehadiran mereka adalah sebagai apresiasi dari Wilayah untuk Guru-guru senior. Jikalau boleh berharap apresiasi untuk guru-guru senior bisa diwujudkan dengan berangkat bersama ke Masjidil haram. Lebih tegas Usman Wakimin, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai langkah penguatan untuk seluruh guru senior senantiasa memiliki tanggung jawab dengan potensi yang dimiliki, agar tidak tertinggal dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan tekhnologi yang cepat dan tidak bisa dielakkan.

Lebih lanjut Usman Wakimin, M.Pd menyampaikan kepada seluruh peserta Senior Master teacher dengan kehadiran mereka dalam acara ini, senior diharapkan memberikan warna dalam pendidikan kita. “Semoga seluruh peserta bisa mengikuti acara demi acara sampai selesai, InsyaAllah bermanfaat dan akan diselenggarakan setahun sekali serta terbuka bagi semua guru-guru senior yang siap menjadi tuan rumah untuk agenda silaturahmi selanjutnya” Pungkas Beliau.

*ImamSuja’i