Home Agenda Tidak ada organisasi hebat hanya karena punya sistem saja

Tidak ada organisasi hebat hanya karena punya sistem saja

65
0
Tidak ada organisasi hebat hanya karena punya sistem saja, tetapi ada organisasi yang hebat tanpa memiliki sistem dengan sebuah kepemimpinan yang hebat

Kendal – “Tidak ada organisasi hebat hanya karena punya sistem saja, tetapi ada organisasi yang hebat tanpa memiliki sistem dengan sebuah kepemimpinan yang hebat”. Inilah salah satu fungsi pokok seorang pemimpin, harus bisa mengelola organisasi dalam kondisi apapun, baik sistem sudah terbentuk mapun ketika masih dalam tahap kontruksi.

Hal ini disampaikan oleh Akhmad Ali Subur, S.E. selaku ketua DPW Hidayatullah Jawa Tengah dalam agenda Konsolidasi Manhaj & Organisasi yang diselenggarakan di Kendal pada hari rabu-kamis, 27-28 September 2023.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan oleh DPW Hidayatullah Jawa Tengah sebagai sarana untuk konsolidasi seluruh elemen organisasi, dengan menghadirkan Dewan Murabbi Wilayah (DMW), Pleno DPW, Ketua DPD, Ketua Yayasan, Ketua Orpen, Ketua Amal Usaha, dan Ketua Badan Usaha se-Jawa Tengah.

Beliau juga mengingatkan, bahwa harus ada keseimbangan antara kebutuhan organisasi dan kader. Organisasi berusaha memberikan yang terbaik untuk kader, kader pun tidak berharap terlalu banyak kepada organisasi. Dengan adanya keseimbangan ini maka akan tercipta suasana yang kondusif, kader dapat berupaya dengan sungguh-sungguh terhadap amanah yang diberikan dengan tetap menjaga keikhlasan, sebaliknya timbal balik yang sepadan diberikan oleh organisasi sebagai wujud apresiasi terhadap kader tersebut.

Dalam sesi konsolidasi manhaj, Ustadz Sunoto Ahmad, M.Pd. selaku ketua DMW Jawa Tengah memberikan spirit dan penguatan kepada kader-kader daerah yang hadir, karena banyak kader-kader daerah yang mengalami berbagai ujian, baik secara kelembagaan maupun secara individu, maka beliau berpesan bahwa semakin tinggi tingkat keimanan, semakin berat juga ujian yang akan didapatkan, insyaAllah akan ada jalan keluar, selama kita masih berupaya untuk selalu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Hal ini juga dikuatkan oleh Ustadz Ahmad Suwarno, M.Pi. selaku anggota DMW Hidayatullah Jateng dalam sesi selanjutnya. Beliau menegaskan bahwa apapun musibah yang diterima, semua sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Oleh karenaya kita harus ridlo terhadap ketetapan Allah, karena ridlo merupakan puncak spiritual tertinggi dalam kehidupan.

*/EE