Home Artikel Sandwich Leadership

Sandwich Leadership

47
0
Sandwich Leadership

Ada yang sudah tau apa itu sandwich leadership?

Kalau belum tau, sini admin kasih tau. Sandwich leadership merupakan elaborasi dari sandwich generation, yakni istilah untuk menggambarkan generasi yang merasa seperti ‘terjepit’ antara tanggung jawab merawat orang tua dan anak-anak mereka yang masih membutuhkan perhatian.

Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada 1981 oleh seorang Profesor dan Direktur Praktikum dari University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat, yang bernama Dorothy A. Miller. Generasi Sandwich merupakan generasi orang dewasa yang harus mengatasi tantangan menanggung hidup dari tiga generasi sekaligus, yaitu orang tua, diri sendiri, dan anak-anak.

4 Generasi

Jika dielaborasi lebih jauh, dalam dunia organisasi, maka kondisi tersebut tidak jauh berbeda. Di mana saat ini banyak sekali tanggungjawab kepemimpinan yang sudah mulai bergeser dari  Generasi Baby Boomers (1945-1960) diambil alih oleh Generasi X (1961-1980), bahkan sampai Generasi Y (1981-1998)

Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena ketika kepemimpinan dipegang oleh Generasi X/Y, di bawahnya ada satu level lagi yakni Generasi Z (1999-2010) yang menjadi tanggungjawabnya.

Hal ini dikarenakan mindset, skillset, dan toolset ke 4 generasi ini berbeda. Seorang pemimpin dari generasi X atau generasi Y harus mampu mengakomodir eksistensi dari generasi senior dan generasi yunior, harus mampu mengambil peran sebagai sandwich leader. Kalau tidak maka yang terjadi justru sebaliknya, eksistensi ke dua generasi tersebut sama-sama tidak terakomodir.

Dalam sebuah organisasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika seseorang berada pada posisi sandwich leader:

  1. Fokus pada kelebihan & kekuatan masing2 Generasi
  2. Memahami dan mengkolaborasikan value proposition masing2 Generasi
  3. Mendesain organisasi sbg platform yg mengakomodir ‘kepentingan’ Gen Senior agar terjaga keautentikan spirit dan izzahnya
  4. Mendesain organisasi sbg platform yg mengakomodir ‘kepentingan’ Gen Yunior agar mampu mngembangkan potensi terbaiknya sbg pelanjut estafeta perjuangan
  5. Terus memperkaya pemahaman & kepekaan melalui berbagai medium
Rapat Koordinasi Organisasi

Sandwich Leadership menjadi salah satu materi yng disampaikan dalam agenda Rapat Koordinasi Ketua-Ketua DPD, Orpen, Amal usaha, dan Badan usaha Hidayatullah Jawa Tengah. Materi ini disampaikan oleh Ustadz Akhmad Ali Subur, SE. selaku Ketua DPW Hidayatulah Jawa Tengah. Diselenggarakan di Banjarnegara pada hari Jum’at 2/2/2024. Dihadiri 25 Ketua DPD/Orpen/Amal-Badan Usaha se Jawa tengah.

*/EE

Sandwich Leadership