Home Agenda Yayasan Al Furqon Kendal Gelar Islamic Parenting disupport BMH

Yayasan Al Furqon Kendal Gelar Islamic Parenting disupport BMH

149
0

Kendal – Mendidik anak di setiap zaman ada tantangannya, melihat hal itu, Yayasan Al Furqon Kendal yang saat ini mengelola pendidikan dari usia dini hingga sekolah lanjutan tingkat pertama berharap anak didiknya mendapatkan pendidikan yang seharusnya.

“Kegiatan seminar parenting ini sebagai upaya untuk terus segar-segarkan salah satu kewajiban orang tua untuk mendidik anaknya sesuai dengan perkembangan usia anaknya.” Urai Ketua Yayasan Al Furqon, Mufti Wahyu Primadi, Sabtu (17/12/22).

Seminar ini menghadirkan 3 pembicara yang memberikan masukan dan berbagi kepada para orang tua siswa di lingkungan pendidikan formal Yayasan Al Furqon Hidayatullah Kendal. Ketiga tokoh tersebut yakni Ketua Penggerak PKK Kab. Kendal (Ibu Wynne Frederica, SE, BBA), Ketua Komisi D (Bapak Mahfuz Shodik) dan Kabag SDI Pendidikan Hidayatullah Jawa Tengah (Ust. Saryo, M.Pd.)

Ibu Wynne dalam sambutannya menyampaikan; “Terimakasih kepada Hidayatullah Kendal yang telah mengadakan seminar ini, karena seminar ini dapat meningkatkan kesadaran para orang tua murid tentang parenting. Parenting itu sangat penting apalagi di Indonesia sekarang sangat krisis pola asuh.” sentil beliau.

Demikian juga, apa yang disampaikan Ketua Komisi D Kab. Kendal ini, beliau berharap acara ini, mampu memberikan pengertian kepada para orang tua harus sadar akan pentingnya pemantauan terhadap anak-anak apalagi di era 4.0 yang serba digital seperti saat ini. Anak-anak harus dipantau selalu tetapi bukan mengekang.” Saran Bapak Mahfuz Shodik.

Dalam paparan terakhir, Ust. Saryo dengan lugas membahas pentingnya parenting dalam keluarga.

“Orang tua harus hadir dalam tumbuh kembang anak, karena di kondisi lingkungan yang sekarang berbeda seperti jaman dahulu kita para orang tua saat ini. Pengasuhan anak saat ini menjadi tidak maksimal bahkan banyak yang diwakilkan kepada orang lain karena bapak dan ibunya sibuk bekerja diluar rumah.” Ujar Ust. Saryo mengingatkan.

Di Hidayatullah, khususnya di Yayasan Al Furqon ini, menerapkan parenting berbasis adab untuk menyiapkan generasi tangguh, berakhlak mulia dan cerdas, tegas beliau.

Lebih lanjut, Ust. Saryo mengingatkan akan pentingnya paguyuban orang tua murid untuk belajar sesama dan berbagi dalam peningkatan kesabaran dan kebaikan. Mengasuh anak sesuai Sunnah Nabi yang akan mendapat keberkahan, mendapat pahala dan tentu saja akan mendapatkan kemudahan karena contohnya sudah ada dalam literasi dan praktek parenting Islamic yang dicontohkan oleh Allah, lewat peragaan Rasul dan para sahabatnya dimasa lalu yang telah terbukti.” Pungkas beliau.

Seminar ini terlaksana di Gedung DPRD Kab. Kendal yang diikuti 260 orang tua siswa dan para undangan dan donatur.

Salah satu donatur Yayasan Al Furqon, Umi Fawwaz sangat menyambut baik acara ini dan berharap akan ada kelanjutan seminar parenting Islamic ini seperti, TOT parenting dengan mendatangkan para pembicara expert lainnya.” Harapnya.

Senada dengan itu, Ibu Nur dan Ibu Yani yang menjadi peserta seminar masih merasa sangat kurang alokasi waktu yang ada untuk membahas parenting Islamic untuk bekal mendidik anak-anak mereka.

“Harapan kami, dengan seminar ini bisa menjadi orang tua yang akan mengasuh anak-anak dirumah lebih baik lagi.” Tutur Ibu Yani yang diamini oleh Ibu Nur dengan mimik setuju. */YusranYauma